12/31/2012

Tips Fotografi Candid


AddPhotobook.blogspot.com - Tips Fotografi Candid. Untuk anda yang baru dalam dunia fotografi, mungkin nama "fotografi candid" sering terdengar pada telinga anda. Ya, fotografi candid adalah dengan mengambil gambar definisi orang ketika mereka tidak menyadari. Bagian dari kegembiraan dalam fotografi adalah menangkap Anda subjek manusia lengah sehingga gambar Anda memiliki lebih banyak emosi. Fotografer yang bekerja untuk majalah, seperti Time Life, telah mampu mendapatkan foto candid rakyat mereka. Saya rasa kebanyakan dari kita bisa mengingat foto
hitam-putih dari Afrika dan lain-lain sehingga menimbulkan lebih banyak emosi dari penampil. Mengambil gambar terang mungkin muncul mudah meskipun ada beberapa teknik dalam dunia fotografi yang akan membuat terang tembakan bernilai lebih dari sekadar teman snap shot.

Semua tahu bahwa Candid Photography selalu memiliki kesan tersendiri, baik dalam aktifitas keseharian maupun pada acara-acara formal seperti pernikahan, seminar, pertemuan, dan lain-lain. Banyak teman maupun kerabat kami terdahulu sering meminta untuk memotret acara-acara yang mereka adakan dengan cara khas "paparazi" ini. Pada acara-acara tersebut setidaknya ada dua fotografer, satu fotografer memotret secara formal, dan satu lagi bergerak di belakang layar dan mengabadikan momen melalui fotografer candid.


Namun jika anda belum pernah melakaukan fotografi candid, Addphotobook akan memberi sedikit tips agar anda dapat melakukan fotografi candid secara professional. Nah, untuk lebih lanjutnya simaklah beberapa Tips Fotografi Candid yang saya tuliskan berikut ini.

Tips Fotografi Candid

1. Jangan Lupa Untuk Membawa Kamera Kemanapun Anda Pergi.

Cara terbaik dalam menghasilkan foto yang spontan adalah selalu siap baik itu perangkat maupun fotografer. Setidaknya Sobat selalu membawa kamera DSLR yang selalu siap untuk dikeluarkan dari tasnya, atau juga bisa selalu membawa kamera point and shoot yang berkualitas bagus, yang bisa dengan mudah memotret ketika kalian menemukan moment-moment bagus. Selalu membawa kamera kemanapun kalian pergi juga bisa membantu orang lain terbiasa ketika Sobat memotret, mereka akan lebih santai ketika kalian memotretnya dan tetap berinteraksi satu sama lain. 

2. Jangan Gunakan Flash Kecuali Anda Berada Pada Tempat Yang Minim Cahaya.

Jika anda berada pada tempat yang terang, lampu Flash bisa menjadi sebuah sinyal atau tanda bahwa mereka sedang dipotret. Cahaya flash yang langsung ke arah mereka bisa "membunuh" moment yang ada pada saat itu, jadi sebisa mungkin jangan menggunakan flash pada saat melakukan fotografi Candid. Naikkan pengaturan ISO jika Sobat berada pada kondisi rendah cahaya atau low-light, gunakan lensa "cepat", buka aperture selebar mungkin.

3. Gunakan "ZOOM".

Semakin Sobat berada jauh dari subyek, maka kemungkinan mereka menyadari sedang dipotret semakin kecil, dan mereka akan tetap santai dan lebih natural. Menggunakan Zoom panjang memungkinkan kalian untuk memotret diluar ruang personal mereka tetapi Sobat tetap bisa merekam kedekatan mereka berinteraksi satu sama lain.

4. Cari Posisi Yang Strategis.

Fotografi candid adalah tentang bagaimana merekam momen secara spontan, dan mendapatkan foto sempurna diwaktu yang tepat. Cobalah untuk berpikir selangkah kedepan dan selalu menerka apa yang selanjutnya terjadi bisa membantu menambah peluang untuk mendapatkan foto candid yang sempurna. Sebagai contoh ketika memotret di acara pernikahan, berpikirlah apa yang akan terjadi pada saat upacara pernikahan dan dimana tempat terbaik untuk menangkap momen-momen tersebut. Apa yang akan dihadapi oleh seseorang? Apa yang akan mereka lakukan? Seperti apa cahaya yang ada? Mempertimbangkan pertanyaan tersebut akan membuat kalian menjelajah ruangan secara efektif.

5. Gunakan Multi Capture Shot.

Kami sepertinya sudah pernah membahas tentang continuous shot bukan? Sobat terkadang akan menemukan foto yang mengejutkan diantara serial foto tersebut. Foto itu akan kental dengan suasana spontan dan kalian tidak akan mendapatkannya jika hanya memotret satu foto. Atur kamera kalian ke mode Continuous Shot sehingga kalian bisa memperbesar kesempatan mendapatkan foto candid yang sempurna.

Nah, itulah tips untuk melakukan fotografi candid yang dapat saya bagikan untuk anda. Semoga Tips Fotografi Candid diatas dapat membantu sobat mengabadikan memon-momen yang indah.

Contoh Fotografi Candid :









No comments:

Post a Comment